Selasa, 03 Mei 2011

Behind the stories of The Nightingale

Buku yang berjudul The Nightingale ini harusnya terbit bersamaan dengan buku ke 2 ( Apa yang kau cari?). Jadi mestinya ada buku 2a dan buku 2b. Dan mestinya terbitnya bersamaan. Tapi… karena banyak faktor yang menghalangi,akhirnya buku yang merupakan pembelotan dari image Fre selama ini yang lekat banget dengan bidang-bidang rohani,buku The Nightingale ini terbit juga pada akhirnya. Meski telat dari perkiraan sebelumnya. Isi dari The Nightingale ini adalah hasil tulisan saya pas ngetik dan sebagian dari blog saya. Ada prosa dan cerita pendek.

Perubahan konsep dan pengeditan di sana sini ternyata membuat jadwal The Nightingale molor hampir 7 bulan!
Sesuai dengan konsep yang di usung yaitu tentang prosa dan cerita pendek fiksi,saya juga menyertakan gambar hunting saya yang udah mengalami potong sana sini di dalamnya. Tapi ternyata kurang touching. Akhirnya di putuskan untuk di ambil gambar ilustrasi dan sebagian juga foto dalam konsep black and white. Dan sisanya di buat berwarna. Untuk menciptakan konsep yang tidak monoton.

Cukup lumayan juga mencari partner yang sip,berjiwa muda,dan bebas. Apalagi saya perlu sebagian gambar tersebut adalah semi animasi dan skets. Akhirnya dan akhirnya,saya ketemu juga dengan teman kantor kakak yang lulusan Design Graphis,Jois,si JoJo dia di panggil.

Dan jadilah proyek bersama saya dan JoJo yang katanya juga suka baca buku saya (ehem)
The Nightingale di pilih untuk menjadi judul buku ini karena The Nightingale itu merupakan perwakilan dari kemerduan di waktu malam yang pekat,kelincahan,kebebasan,tidak kesepian. Burung Nightingale sendiri burung yang bersuara sangat merdu dan hadirnya pada waktu malam. Burung Nightingale banyak di kagumi orang karena suaranya yang merdu.

Buku saya ini merupakan cerita dan inspirasi dari perbagai hal yang terjadi di sekeliling saya. Sebagian saya tulis saat saya sedang singgah di sebuah kota,di kampung halaman saya atau pas lagi di mobil. Buku ini adalah perwujudan dari kebebasan konsep antara cerita,prosa dan backdraw yang mendukungnya. The Nightingale adalah penggabungan dari kebebasan yang tidak liar,kelincahan imagenya,dan semoga menjadi nyanyian yang merdu bagi yang membacanya dan melihatnya..



Sidoarjo,Oktober,28,2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar